Sabtu, 13 November 2010

Hari Penuh Cinta

Satu tahun itu terdiri dari 365 hari. Ada hari Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Di Indonesia juga mengenal beberapa hari istemewa seperti Hari Kemerdekaan, Hari Pendidikan Nasional, Hari Pahlawan, Hari Buruh, Hari Kartini dan banyak lagi yang pastinya kita juga sudah pada hafal di luar kepala, karena kita belajar semua hari-hari itu di bangku sekolah. Ada lagi hari besar agama, seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, Hari Raya Natal, Hari Raya Waisya, dan Hari Raya Nyepi. Hari-hari tersebut juga sudah kita ketahui karena kita punya pendidikan agama. Naaah, di sini saya akan bebagi mengenai hari istemewa lain yang kadang tidak kita ketahui, karena tidak kita dapat di bangku sekolah maupun di lingkungan agama. Hari –hari ini memang nggak terlalu penting, tapi dengan “merayakannya” kita bisa merasakan begitu banyak cinta di sekeliling kita.

1. HARI IBU

Hari Ibu adalah hari peringatan/ perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anaknya, maupun lingkungan sosialnya. Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebas-tugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

Di Indonesia hari ini dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Sementara di Amerika, dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura,

Taiwan, danHongkong dalam Hari Ibu atau Mother’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan ke dua bulan Mei. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap bulan 8 Maret.

2. HARI AYAH

Hari Ayah adalah hari untuk menghormati ayah. Sementara di Amerika, dan lebih dari 75 negara lain

seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang,Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hongkong dalam Hari Ayah atau Father’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni, dan dirayakan hampir di seluruh dunia yang dimulai pada awal abad ke-12. Biasanya Hari Ayah dirayakan dengan pemberian hadiah kepada ayah dan kegiatan kekeluargaan. Hari Ayah diadakan untuk melengkapi Hari Ibu, hari untuk menghormati ibu. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah,Hari Laki-laki Internasional atau International Men's Day (dalam bahasa Inggris) diperingati setiap bulan 19 November.

Di Indonesia sendiri Hari Ayah dirayakan pada tanggal 12 November, meskipun perayaannya tidak begitu populer seperti Hari Ibu.


3. HARI PERSAHABATAN SEDUNIA

Hari persahabatan dunia. Mungkin kita belum pernah dengar kalo ada hari persahabatan dunia. Tapi itu memang ada. Karena sahabat adalah orang yang mau menangis dan tertawa bersama kita. Hari persahabatan dunia adalah saat hari minggu pertama di bulan Agustus, tiap tahunnya.Tidak ada literatur yang lengkap dan jelas untuk menjelaskan awal penentuan hari tersebut. Berawalnya dari negara US, tahun 1935 yang menetapkan hari persahabatan dunia setiap hari minggu di bulan agustus. Ada juga negara lain yang menetapkan hari persahabatan dunia di tanggal yang berbeda, yakni negara Argentina dan Uruguay, serta negara lainnya, yang merayakan pada tanggal 20 juli.

4. HARI KELUARGA NASIONAL

Hari Keluarga Nasional. Tanggal 29 Juni ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas), hari tersebut mengandung nilai sejarah, karena menjadi tanda dimulainya hari Kebangkitan. Bangkitnya kesadaran keluarga Indonesia untuk membangun dirinya ke arah keluarga kecil melalui Keluarga Berencana (KB). Hari tersebut menjadi puncak kristalisasi semangat para pejuang KB untuk memperkuat dan memperluas program KB. Dalam perjalanannya, program KB berkembang secara pesat dan mengubah program KB menjadi suatu ‘Gerakan Masyarakat’ yang mantap dan menampakkan hasil-hasil yang nyata. Hasil nyata itu berupa semakin meningkatnya jumlah keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Walaupun hari ini lebih mengarah ke program KB, tapi hari ini tetap mengingatkan kita akan keluarga yang kita punya. Betapa pentingnya mereka dalam kehidupan kita. Karena kita ada karena keluarga ada.

5. HARI VALENTINE

Hari Valentine (bahasa Inggris: Valentine's Day), pada tanggal 14 Februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat. Asal-muasalnya yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma didiskusikan di artikel Santo Valentinus. Beberapa pembaca mungkin ingin membaca entri Valentinius pula. Hari raya ini tidak mungkin diasosiasikan dengan cinta yang romantis sebelum akhirAbad Pertengahan ketika konsep-konsep macam ini diciptakan. Di Amerika Serikat hari raya ini lalu diasosiasikan dengan ucapan umum cinta platonik "Happy Valentine's", yang bisa diucapkan oleh pria kepada teman wanita mereka, ataupun, teman pria kepada teman prianya dan teman wanita kepada teman wanitanya.

Semua hari-hari special di atas adalah hari yang penuh cinta. Baik untuk keluarga, ayah, ibu, sahabat, dan pacar. Ingat selalu hari-hari itu ya, biar kita bisa terus menghargai dan bersyukur karena kita punya banyak cinta di hidup ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar